PPC Iklan Blogger Indonesia

tips kesehatan

Rasulullah Berhadapan Dengan Avian Influenza


Assalamu'alaikum...

Rasul kita tercinta mungkin sudah lama berpulang kerahmatullah. Namun syariat dan sunnah yang ditebarkannya dengan penuh rahmat ke seluruh alam berbicara seakan-akan beliau SAW masih hidup bersama kita, mendalami kesedihan-kesedihan kita dan menyelamatkan kita dari marabahaya yang mengancam kehidupan kita.

Betapa tidak. Dalam kasus Avian Influenza, pakar peneliti penyakit yang bersumber dari haiwan Prof. drh R Wasito Msc PhD bersama isterinya yang juga peneliti di fakultas yang sama Prof drh Hastari Wuryastuti Msc PhD. menyimpulkan dengan tegas bahwa agen vektor yang menyebarkan penyakit maut Avian Influenza adalah binatang kecil bernama "Lalat". (makalah terlampir).

Jika benar demikian, maka ketahuilah bahwa Rasululullah sejak 1426 tahun yang lalu telah memperingatkan bangsa Indonesia yang Muslim tentang akan datangnya penyakit ini dan cara menghadapinya. Dalam sebuah hadits sahih beliau bersabda: "Jika terjatuh seekor lalat ke dalam minuman salah seorang di antara kamu, maka benamkanlah dan minumlah. Sebab pada sayap kirinya terdapat penyakit dan pada sayap kanannya terdapat obat."

Subhanallah, perhatikanlah. Setiap lalat yang jatuh ke dalam air pasti menjatuhkan diri dengan sayap kiri terbenam ke air dan sayap kanan terusung ke atas. Pelbagai institut yang mengkaji hadis di atas dalam rangkaian 'Kajian Mukjizat al-Quran dan Sunnah' yang diketuai oleh Prof. Dr. Abdul Majid Az-Zindani meneliti secara empiris bahwa memang pada sayap kiri lalat terdapat berbagai macam virus yang mematikan. Di antaranya mungkin ada yang lebih gawat dari AI. Mereka berusaha mematikan virus-virus tersebut dengan cara-cara konvensional dan menemukan kegagalan. Namun ketika mereka memasukkan sayap kanan lalat secara otomatis mereka melihat perubahan yang signifikan. Seluruh virus apapun yang dibawa oleh sayap kiri lalat ternyata musnah dan mati akibat obat yang terdapat pada sayap kanan.

Subhanallah, hari gini masih banyak orang yang mempersendaguraukan hadits Nabi tentang jika lalat jatuh ke dalam minumanmu itu. Saya sendiri alhamdulillah dengan yakin dan tawakal sudah pernah melaksanakan hadits Nabi SAW. Pernah seekor lalat jatuh ke dalam minuman saya. Sebenarnya secara ekonomis saya mampu menukar dengan minuman yang baru. Tapi karena ingin melaksanakan hadits saya benamkan lalat itu, kemudian saya buang 'bodi'nya dan saya minum airnya. Alhamdulillah tidak ada sesuatu apapun yang terjadi kepada diri saya. Jika dulu saya melaksanakannya hanya karena yakin dengan sabda Nabi SAW, sekarang keyakinan saya itu bertambah.

Saya mohon ada yang menyampaikan tulisan ini kepada dua profesor di atas, agar mereka meneliti kemungkinan terdapatnya obat Avian Influenza pada sayap kanan lalat.

Allahu Akbar, sungguh sayang Nabi SAW terhadap umatnya. Meskipun beliau SAW telah lama meninggalkan kita ternyata beliau telah meninggalkan dua warisan sebagai panduan hidup bagi kita yaitu Al-Quran dan Sunnah.

Salam 'alaika Ya NabiyaLlah.
Kami Rindu padamu.

PEMBARUAN/FUSKA
SANI EVANI


**********************

LALAT BEKU

Ahli penyakit hewan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof drh R Wasito MSc PhD menunjukkan lalat beku yang didapatnya dari berbagai daerah. Saat ini baru lalat Makassar dan Karanganyar yang sudah positif mengandung AI.

SATU lagi temuan yang sangat berarti, lalat (Musca domestical) merupakan "malaikat pencabut nyawa" yang selama ini diremehkan kehadirannya, bahkan luput dari analis kesehatan.

Dengan bukti penelitian yang digarap kurang lebih dua tahun, ahli penyakit hewan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof drh R Wasito MSc PhD bersama istrinya, yang juga peneliti di fakultas yang sama Prof drh Hastari Wuryastuti MSc PhD, menyimpulkan lalat merupakan vektor yang mengantarkan avian influenza (AI) kepada manusia.

Meski belum mendapat lisensi internasional, kehadiran ahli virus dari Amerika Serikat Prof Roger K dalam lingkup penelitian mereka itu, cukuplah menjawab apa yang membuat heboh dunia kesehatan belakangan ini.

Lalat. Mengapa harus lalat? Di Laboratorium Imunologi dan Molekuler UGM itulah mereka mendapat jawaban. Dugaan sementara, burung-burung liar, tikus, dan kecoa, mampu menjembatani AI kepada manusia setidaknya terbantahkan.

Diteliti

"Prof Hastari yang pertama mengungkapkan kegelisahannya. Kalau semua tidak terbukti, lalu apa? Istri saya itu curiga, jangan-jangan serangga yang ada di sekeliling kita adalah penyebabnya. Nah, sejak dua tahun lalu, kami diam-diam mengumpulkan sample dan baru sekarang kami berani mempublikasikannya," ucap Wasito, Rabu (21/9) di Yogyakarta.

Mantan Dirjen Bina Produksi Peternakan Departemen Pertanian itu lantas mengemukakan, lalat yang dikumpulkannya dari berbagai provinsi itu sedang dalam proses diteliti. Namun, ia sudah menyimpulkan, setidaknya lalat Makassar dan Karanganyar, Jateng, yang diambilnya di sekitar peternakan dan sebagian lalat rumah, positif mengandung AI subtype H5 N1. "Kami baru selesai memproses dua tempat itu, yang lain masih berjalan," ucapnya.

Rasa penasaran pasangan profesor itu berawal dari kota Makassar, yang sebelum tahun 2004 tidak pernah mendapat kasus AI. Namun, pada akhir 2004, AI langsung menyerang dengan ganas. "Itulah sumber pertanyaannya. Dari mana AI itu menyerang?" ia menjelaskan.

Jawabannya? Lalat, hewan yang hidup dan berkembang biak di semua tempat, juga bisa tumbuh di feses binatang.

"Begitu bertelur di feses hewan yang positif AI, maka anak turunnya, sudah membawa AI. Kita tidak pernah berpikir bahwa sepatu kita juga bisa jadi sarana menempelnya telur lalat itu. Lalu dengan mobilitas manusia, telur itu terbawa dan berkembang biak di tempat lain. Nah, bayangkan, dari sepasang lalat, bisa tumbuh triliunan lalat dalam jangka waktu 3 sampai 5 bulan," ia memaparkan.

Mukosa

Meski sudah cukup berani menyampaikan hasil penelitiannya itu, Wasito mengaku belum bisa memastikan, bagian mana dari lalat yang mengandung AI itu. Hal itu, menurutnya, masih memerlukan penelitian yang lebih mendalam, karena untuk sementara lalat memang dihancurkan untuk mendapatkan selnya.

"Sedang untuk menentukan lokasi pastinya, apakah di bagian kaki atau tubuhnya, butuh bedah anatomi kan?" kata Wasito.

Lalu, bagaimana pula sampai bisa menularkan AI kepada manusia? Satu-satunya yang paling pasti adalah lewat mukosa (kelenjar) saluran pernapasan dan itu bukan karena udara. "Tepatnya, kalau kita dengan tidak sengaja mengorek hidung dalam kondisi tangan kotor, dan AI menempel, maka virus itu akan melekat di kelenjar mukosa yang di dalamnya terdapat reseptor virus," ia menjelaskan.

Satu-satunya upaya untuk menolak kehadiran "malaikat maut" itu adalah sanitasi lingkungan dan menumpas habis kehadiran si lalat itu.

Berkaitan dengan kesimpulan sementara penelitiannya itu, Wasito mengatakan yang baru merespons positif adalah Pemerintah Jawa Timur. Gubernur Jatim sudah mengeluarkan kebijakan dan dana untuk diaplikasikan sampai ke tingkat rumah tangga dengan menggerakkan seluruh aparat dan PKK," ujarnya.

Ia mengakui, yang jelas, masih banyak lalat dari berbagai daerah, menunggu untuk diuji. Beralih ke unggas yang selama ini jadi momok, Wasito justru menekankan bahwa usaha peternakan besar, sudah melakukan upaya mandiri dan melakukan biosecurity dengan baik.

"Pekerja di peternakan besar justru tidak tertular flu burung. Saat ini, justru yang harus mendapat perhatian serius adalah peternakan-peternakan milik rakyat. Manajemennya harus dibenahi. Hindarkan ayam-ayam berkeliaran," katanya.

Terbagi Dua

Profesor spesialis penyakit hewan itu juga memaparkan, hingga detik ini, hanya tinggal dua negara di dunia yang memberikan vaksin kepada unggas. Negara itu adalah Indonesia dan Cina.

Berdasarkan tingkat patogenitas (kemampuan menyebabkan sakit), Wasito menjelaskan virus AI terbagi atas dua, yaitu HPAI (Highly Pathogenic Avian Influenza) dan LPAI (Low Pathogenic Avian Influenza). Namun, dalam perkembangannya, karena tipe virus itu adalah tipe abnormal, suatu saat low pathogenic bisa berubah menjadi highly pathogenic.

"Selain itu, belum tentu saat ini AI di Indonesia hanya tipe H5 N1. Mungkin sudah menjadi H5 N20 atau mungkin ada tipe baru lagi yang muncul. Jadi vaksinasi H5 N1 itu akan percuma," katanya.

Di negara lain, katanya, unggas positif AI lebih baik dimusnahkan dengan cara dibakar dan dikubur. Itu jalan satu-satunya dan setelah itu sanitasi lingkungan ternak sebelum kembali memulai.

Soal kematian Rini Dina, Riska, dan keluarga Iwan, Wasito sangat tidak setuju dengan sikap pemerintah yang banyak mengandalkan kata-kata "diduga". Padahal, untuk memastikan apakah mereka benar-benar positif flu burung atau tidak, tidak perlu mengirim sample ke Hong Kong.

"Kirim pada kami, jawabannya pasti, dan tidak usah menunggu lama. Cukup dua sampai tiga hari, kami bisa menganalisis darah dan sel jaringan," katanya.

Wasito juga mengkritik apakah karena harus ikut prosedur, Pemerintah Indonesia tidak percaya diri kalau bangsanya juga bisa melakukan tes.

"Kami memiliki laboratorium yang mampu menganalisisnya. Ya memang kecil, tetapi yang penting SDM-nya. Okelah kalau itu prosedur, namun data bandingan juga dibutuhkan untuk sesegera mungkin mengantisipasi dan mengambil tindakan," ia menegaskan.

Best regards,

ts.


KotaSantri@yahoogroups.com

0 comments: